Pages

Banner 468 x 60px

 

Rabu, 03 Agustus 2011

SENYUM GURU......

0 komentar
SENYUM GURU ……. ?

Terbersit keinginan dalam hati agar bangsa ini tersenyum yang diawali dengan senyuman sang Guru. Guru yang tersenyum akan menjadi guru yang kreatif dalam mengajar. Guru yang kreatif mengajar adalah guru yang mampu membuat siswanya antusias belajar. Maka, bila guru mampu tersenyum di kelas, ia akan mampu membuat seluruh kelas tersenyum. Bila siswa tersenyum,maka kitapun tersenyum.

Rasanya, sudah agak lama para guru sulit tersenyum. Tak banyak stimulan yang dapat membuat guru tersenyum. Guru terhimpit oleh berbagai hal. Oleh iklim materialistik masyarakat, oleh sistem mekanistis birokrasi pendidikan, juga oleh rendahnya penghargaan kita pada profesi pendidik. Namun, syukurlah, belakangan iklim yang melingkupi guru membaik. Apresiasi terhadap profesi guru semakin terlihat. Akreditasi guru beserta sistem imbalannya adalah salah satu langkah apresiasi itu. Langkah demikian tentu mempermudah guru tersenyum.

Masa depan bangsa kita ditentukan oleh banyaknya senyum siswa. Senyum siswa 70 persen ditentukan oleh senyum guru. Yakni, guru yang tersenyum lantaran mampu beraktualisasi optimal buat menggali dan menumbuhkan potensi anak-anak didiknya. Senyum-senyum itulah yang menentukan seberapa tinggi kemanusiaan atau seberapa beradab bangsa kita mendatang. Dan kita pasti tidak ingin menjadi bangsa perkasa yang hanya bisa menyeringai, namun tak bisa tersenyum.

Teringat akan sebuah Firman suciNya dalam AlQur'an. “Dan tidaklah Kami mengutus para rasul itu melainkan untuk memberi kabar gembira dan memberi peringatan. Barangsiapa yang beriman dan mengadakan perbaikan, maka tak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati”. (QS. 6:48)

By : Mardanus Melayu...

0 komentar:

Posting Komentar